Rabu, 16 Oktober 2013

Kediri/Blitar - Makam Bung Karno





Siapa yang tidak mengenal Bung Karno, Sang Proklamator RI atau dikenal juga Presiden Pertama Republik Indonesia. Semangat Bung Karno dalam memproklamasikan kemerdekaan RI patut diberi penghargaan yang tinggi. Berharap dengan berziarah ke Makam Bung Karno setidaknya kita bisa meniru semangat beliau dalam kehidupan masa kini.
Makam Bung Karno atau Bumi Bung Karno adalah sebutan untuk Kabupaten Blitar – Jawa Timur. Sebutan itu karena di daerah ini terdapat makam Ir. Soekarno yang biasa disebut dengan nama Bung Karno yang merupakan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Makam Bung Karno berada pada lahan yang sangat luas di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, sekitar 3 km dari pusat kota. Cukup mudah untuk menuju ke lokasinya.
Tempat megah ini berada di Jln Slamet Riyadi. Diresmikan Presiden RI Megawati Soekarno Putri(anak dari Bung Karno) pada tanggal 3 Juni 2004. Bertujuan supaya ide,gagasan, konsep, dan pemikiran Bung Karno yang merupakan kekayaan intelektual dan menjadi aset negara yang disejajarkan dengan pemikiran ahli ideologi yang berkembang didunia bisa dipahami segala lapisanmasyarakat untuk melanjutkan perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-citanya di masa mendatang.
Memasuki makam ini dimulai dari sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan. Bentuk gapura menyerupai gapura Bentar atau gapura yang terbelah seperti pada Candi Wringin Agung di Mojokerto dengan tambahan pada beberapa bagiannya. Makam Bung Karno dinaungi sebuah bangunan berbentuk Joglo, yakni bentuk seni bangunan khas budaya Jawa. Makam itu di apit oleh makam kedua orang tua beliau, yaitu di sebelah kiri ada Makam Ayahanda yaitu R. Soekeni Sosrodihardjo dan di sebelah kanan ada makam Ibundanya yaitu Ida Aju Njoman Rai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar